Manfaat Plank bagi Tubuh

Siapa yang punya masalah dengan lemak di perut? Mungkin kamu terlalu sibuk hingga tidak dapat melakukan olahraga seperti berenang atau pergi ke tempat gym. Hasilnya, lemak di mana-mana, terutama daerah perut. Kira-kira, bagaimana caranya menghilangkan lemak di perut itu, ya? Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan lemak di perut adalah dengan plank. olah raga plank yang katanya ampuh untuk meluruhkan lemak yang ada di perut.  

Apa itu plank? Plank adalah salah satu olahraga yang dilakukan untuk mendapatkan perut yang rata. Bagaimana cara melakukannya? Posisi plank tidak beda jauh dengan push up. Kamu cuma perlu menahan posisi selama beberapa menit dengan menumpukan tubuh pada tangan dan ujung kaki. Sangat sederhana, bukan? Kamu bisa melakukannya di rumah tanpa harus ke tempat gym dan mengeluarkan banyak uang. Dalam satu sesi, kamu dapat melakukan plank selama 10 detik.

Bukan hanya meratakan perut, ternyata plank ini punya manfaat lain, lho. Apa aja sih manfaatnya? Yuk, kita simak penjelasan berikut mengenai manfaat plank bagi tubuh.

  1. Meluruhkan lemak perut

Ini tentunya manfaat utama yang kamu inginkan dari plank. Lemak viseral atau yang dikenal dengan lemak perut adalah lemak tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehtan serius seperti penyakit hati hingga kanker payudara. Dengan melakukan pose plank secara rutin, kamu akan mendapatkan perut rata yang kamu inginkan. Pose ini, selain untuk memperkuat dan menstabilkan otot inti, juga dapat untuk mengencangkan otot pada bagian kaki, lengahn, paha, dan bokong.

  • Menurunkan risiko cedera punggung

Plank memiliki manfaat untuk otot tubuh, salah satunya adalah otot punggung. Kamu dapat memperkuat otot punggung dengan melakukan plak secara rutin. Olahraga ini membentuk otot dengan cara sederhana dan tidak terlalu memaksa pinggul untuk bekerja dengan keras. Melakukan latihan secara rutin dapat menguatkan otot dan tulang belakang, terutama tulang punggung. Otot punggung yang kuat akan menjadi penopang yang kuat untuk seluruh punggung anda hingga tidak mudah mengalami nyeri punggung atau cedera.

  • Menjaga kesehatan mental

Bagaiaman bisa plank dapat menjaga kesehatan mental? Jika kamu memiliki otot yang lebih rileks, kamu akan merasa nyaman dan menaikkan mood atau suasana hatimu. Tubuh akan melepaskan hormon endorfin selama berolahraga, termasuk saat melakukan plank. Oleh karena itu, dengan melakukan plank kamu dapat menjaga kesehatan mentalmu.

  •  Memperbaiki postur tubuh

Manfaat lainnya adalah untuk memperbaiki postur tubuh dan memastikan tulang belakangmu berada pada posisi yang benar. dengan melakukan plank, otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. Ini akan membantu dalam memperbaiki tulang belakang yang bengkok dan memperkuat daerah punggung atas, leher, dada dan otot perut.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba plank? Plank memiliki banyak manfaat meskipun gerakan termasuk sederhana. Kamu juga dapat melakukannya jika ingin tetap berolahraga namun tidak memiliki cukup waktu atau tidak dapat keluar rumah. Ini dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk kamu yang sibuk. Terlebih jika kamu memiliki keluhan dengan tulang pungung atau otot punggung. Namun jika kamu memiliki gejala yang serius, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.  Di KlikDokter terdapat dokter gratis yang akan membantumu dalam mengatasi keluhan mengenai kesehatan. Kamu dapat mendownload aplikasinya di ponselmu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>